Sejarah JEF League

Sejarah JEF League


JEF-L (Jihad Evolution Soccer League), kompetisi futsal yang diselenggarakan oleh ISTH bagian rivan setiap satu tahun sekali yang bertempat di lapangan Darul jihad dengan diikuti santri kelas 1 & 2 sebagai pemain dan santri kelas 9 sebagai manajer. Kompetisi futsal yang bersistem liga ini, diikuti oleh 14 tim dan tiap tim berisi 10 sampai 12 pemain. JEF League dikemas seperti kalanya di liga-liga professional  seperti setiap tim dikelola manajer (santri kelas 9) , fair play ceremony pada akan berjalannya pertandingan, transfer pemain pada jeda musim/pergantian musim, penorehan player of the week tiap Minggunya, dan masih banyak lagi. Terinspirasi ketika anggota ISTH kala itu bermain PES (Pro Evolution Soccer), dan akhirnya berpikir untuk membuat program futsal yang berbeda dari sebelumnya, dan alhamdulillah mulai dari 
pengusulan sampai perencanaan berhasil diterima lalu, jadilah JEF League, awalnya program ini bernama JES-L (Jihad Evolution Soccer League) dan kami mendapat kritikan dari Ust. Zaki untuk meninjau kembali namanya. Jadi kebingungan, akhirnya disempurnakanlah oleh Ust. Tafdhil menjadi seperti saat ini.

2011, tahun pertama JEF dimulai, dengan 2 leg dan 11 tim, dengan waktu pertandingan setiap pulang sekolah (sore) dengan 1 pertandingan, Sabtu sore 2 pertandingan, Minggu pagi  5 dan Minggu sore 2. Sayangnya tidak sampai 1 bulan JEF berlangsung, Ust. Muhdi selaku kepala koordinator asrama, meminta agar pertandingan JEF hanya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, dikarenakan senin sampai jum`at adalah waktu halaqoh (pertemuan)  sedangkan Sabtu dan Minggu libur, ditakutkan nantinya akan mengganggu waktu halaqoh, akhirnya di ubahlah waktu pertandingan Sabtu dan Minggu dan bertahan sampai saat ini. Jet Star, Night Fury, Suspect, Buntat Fc, TRO Darkness, D` Pro Of Guard, Jr Ranger, The Party Poison, Ellastico, Sacrifice, dan Explodhia adalah tim-tim dan nama yang di buat oleh manajer saat itu, antusias santri sangat besar dalam menanggapi program ini, sehingga JEF menjadi salah satu dari sekian banyak program yang paling dinanti. hampir satu tahun berjalan, akhirnya juara berpihak pada tim Night Fury yang dibina oleh akhinaa Edgar Muhammad. Dan penorehan pemain terbaik didapatkan oleh akhinaa Iqbal Pahlevi.
Night Fury
2011 JEF Champions

Beranjak ke tahun 2012, alhamdulillah JEF masih dapat diselenggarakan, dengan tim yang bertambah yaitu 13 tim. Saat itu masih tahap perkembangan. Tim saat itu adalah El-Furia, Andonk Community, Simpsons, Balanar CV, Merceneries, Fioliath DC, Counterfeit, The Next Star, Maxima Fc, Krusty Krab, Funtastic 4, Yellow Rain dan Ex-Celso. Agak berbeda dari sebelumnya, kala itu  menerapkan liga dan cup yaitu, posisi empat teratas yang diikutkan dalam cup sehingga perebutan posisi empat teratas sangat sengit. Akhirnya JEF usai dengan juara Funtastic 4 (Ariq Ghonniy) dengan mengalahkan Ex-Celso (Syarfuddin) dalam partai final. Untuk pemain terbaik diraih akhinaa Aminullah dari kelas 1 dan pencetak gol terbanyak ditorehkan pada akhinaa Izzul Fikri, tahun itu menjadi sebuah pelajaran berharga bagi kami, masih banyak ketetapan yang belum bisa dilaksanakan dengan maksimal.
Funtastic 4
2012 JEF Cup Winner


2013-2014, adalah penyelenggaraan JEF yang dipresideni oleh mantan pemain terbaik di tahun 2012 akhinaa Aminullah selaku ketua Divisi Rivan ISTH, tahun ini bisa dikatakan lebih maju dari tahun sebelumnya,  saat ini lebih dipertekankan peraturan dalam pertandingan dan pelaksanaan transfer yang lebih professional. Menggunakan sistem tim berbeda dari sebelumnya yaitu, mengambil tim-tim dari tahun 2011 dan 2012 karena untuk professionalitas kami ingin menjadikan setiap tim mempunyai historydan ada generasi manajer dari mantan pemain dari tim tersebut. Lalu jadilah Andonk FC yang sebelumnya Andonk Community,  Jet Star, Night Fury, Fioliath DC, Funtastic 4, Ex-Celso, Sacrifice,  Merceneries, The Party Poison, Explodhia, Yellow Rain, T.R.O Darkness, El-Furia, dan Maxima Fc. Dan insya`allahJEF akan selalu ada setiap tahunnya dan selalu bisa memberikan sajian yang terbaik buat para santri. (rs)

You Might Also Like:

Memuat...

0 komentar