Tips : Menghadapi Liburan Agar Tidak Membosankan

Tips : Menghadapi Liburan Agar Tidak Membosankan
Liburan UAS & Lebaran

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Liburan kali ini berbeda dengan liburan biasanya karena waktunya yang panjang. Yap, satu bulan kita akan liburan di rumah masing-masing. Nah, penyakit liburan “bosan” kerap menghampiri. Berikut kami paparkan tips-tips menghadapi liburan agar tidak membosankan.

Tidur, Nikmat?

1. Jangan Sering Tidur

Kebanyakan para santri sering melakukan aktivitas tidur atau mbangkong setiap kali ada liburan. Memang sih bisa dikatakan aktivitas tidur membuat badan kita akan lebih fresh dan membuat badan kita menjadi jreng lagi. Namun dibalik itu semua, kebanyakan para santri di saat liburan menikmati tidurnya lebih dari 6-8 jam, itu sangat merugikan karena melewatkan liburan melalui mimpi di otak bawah sadar kita. Sebaiknya jangan terlalu melakukan aktivitas tidur di saat liburan panjang karena akan membuat kita bosan, sebaiknya lakukanlah hal-hal yang lebih bermanfaat.

Nonton TV?

2. Jangan Terlalu Banyak Menonton TV

Televisi sebagai media hiburan kita sehari-hari, televisi yang menjadi media kita untuk mendapatkan informasi, kreasi dan inovasi ini memang jika kita terus menerus melihat televisi di saat liburan panjang, lama-lama kita akan merasa bosan dengan acara-acara yang ada di televisi. Sebaiknya anda menonton televisi di pagi hari dan malam hari karena di waktu itulah televisi sering menayangkan progam-progam yang bermanfaat dan menarik untuk dilihat.

Silaturahmi ke rumah sanak saudara & kerabat

3. Silahturahmi ke Rumah Sanak Saudara atapun Teman Sejawat

Kebanyakan dari kita melakukan aktivitas di saat liburan berada di rumah, lama-kelaman pastinya anda akan merasa bosan karena liburan hanya berada di rumah terus. Untuk itu, lebih baik 2 hari sekali atau selang seling harinya kita pergi ke rumah saudara-saudara kita ataupun ke rumah teman sekolah kita untuk melakuakan silahturahmi ataupun bermain bersama. Dengan begitu, komunikasi akan sering terjadi sehingga kita tidak merasa bosan saat liburan panjang karena di rumah biasanya kita hanya berdiam diri saja di kamar.

Mengunjungi tempat penting seperti ka'bah
Mengunjungi tempat penting seperti ka'bah

4. Kunjungilah Tempat-Tempat Penting

Tempat-tempat penting yang kami maksudkan disini adalah dengan kita mengunjungi tempat-tempat yang bermanfaat seperti: Perpustakaan Umum, Museum, tempat-tempat bersejarah, Car Free Day, dan lain sebagainya yang bisa membuat kita bisa tidak merasa bosan karena hanya berada di rumah saja. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut kita bisa menghilangkan kebosan dan menambah wawasan intektual kita.


Jalan-jalan
Jalan-jalan

5. Rencanakan Berkunjung ke Tempat Wisata

Kebanyakan di setiap liburan panjang tiba akan merencanakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang berada di daerahnya atau bahkan di luar daerah. Kebanyakan berkunjung ke tempat wisata dengan berkelompok sehingga perjalanan ke tempat wisata akan terasa sebagai tour yang menyenangkan. Di perjalanan akan merasakan udara yang berbeda dengan udara yang biasa dihirupnya, pemandangan-pemandangan yang indah di saat perjalanan membuat otak kita tidak bosan dan menjadi menyenangkan. Apalagi dengan kebersamaan bersama teman-teman menjadikan liburan dengan bertamsya akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.

Olahraga agar dapat menjadikan tubuh segar
Olahraga agar dapat menjadikan tubuh segar

6. Olahraga

Lakukan aktivitas olahraga, karena dengan berolahraga badan kita akan menjadi sehat dan membuat otak kita akan menjadi fresh. Lakukanlah aktivitas seperti gowes, maen futsal, ataupun hanya sekedar jogging di sekitar rumah untuk menjaga kondisi fisik kita.

Reuni SD contohnya
Reuni SD contohnya

7. Reuni

Reuni memang kegiatan yang di tunggu-tunggu oleh sebagian santri, bahkan waktu liburan sering digunakan para santri untuk melaksanakan reuni dengan kawan-kawan lama di sekolah lamanya. Bukan hanya sekedar temu kangen saja, mereka biasanya melakukan kegiatan seperti baksos, maupun kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat.

Freelance
Freelance

8. Bagi yang Membutuhkan Uang, Carilah Kerjaan Freeland

Ada juga sebagian dari santri berpikir untuk mencari uang dengan bekerja freeland ataupun paruh waktu. Kegiatan ini selain menambah pengalaman, menghilangkan kebosanan juga menghasilkan uang. Dengan bekerja di saat liburan, kita akan bisa membeli barang-barang yang kita inginkan ataupun juga membantu orang tua dalam membiayai sekolah ataupun kuliah.

Nah, itulah beberapa tips-tips yang bisa kita coba di rumah untuk mengusir rasa bosan yang menghampiri. Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.




You Might Also Like:

Memuat...

0 komentar